Sabtu, 20 Mei 2017

[Ulasan 2] CPU Scheduling

Kali ini video yang akan kita bahas adalah video "MultiLevel Queue Scheduling" yang diunggah oleh "mamatha prakash" ke situs Youtube pada tanggal 26 Mei 2016 lalu. Video yang membahas tentang Multilevel Queue dan Multilevel Feedback Queue ini dapat anda akses di URL: https://youtu.be/4my13BkWFnQ

Dalam video ini, dijelaskan mengenai Multilevel Queue dan juga mengenai Multilevel Feedback Queue. Pada Multilevel Queue, terdapat tipe-tipe proses yang diurutkan dari prioritas tertinggi ke terendah yaitu system processes, interactive processes, interactive editing process, batch processes dan student processes. System, interactive, dan interactive editing masuk ke jenis foreground yang menggunakan scheduling algorithm RR, sedangkan batch dan student masuk ke jenis background yang menggunakan scheduling algorithm FCFS. Kelemahan dari Multilevel Queue adalah karena proses dijalankan berdasarkan priority, low-priority process queue dapat mengalami starvation (proses tidak pernah dijalankan).

Pada Multilevel Feedback Queue, proses bisa bergerak antar queue dengan menggunakan time slicing atau juga dengan aging pada queue. Dengan ini, starvation dapat dihindari.

Menurut saya, video ini sudah cukup baik dalam mengulas dasar-dasar mengenai Multilevel Queue dan Multilevel Feedback Queue sebagai bahan pembelajaran pertama. Tetapi, kualitas audio dan aksen yang cukup kental pada narasi pada video ini sedikit menghalangi proses pemahaman.

Github Account : andregema
URL Ulasan : https://osandregema.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-cpu-scheduling.html
URL Video : https://youtu.be/4my13BkWFnQ

Durasi : 7:54
Video Author : mamatha prakash
Pemetaan  : week08
Tanggal Submisi Revisi Pertama : Sabtu, 20 Mei 2017
Tanggal Submisi Revisi Terakhir : Sabtu, 20 Mei 2017 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar